Mengatasi motor 4tak berasap

Astopedia.com-  Terkadang kurang PD kalau yg nmnya motor 4 tak keluar kepulan asap dari kenalpot,ninja aja yang 2tak gak begitu,ini motor  apa mesin  pembasmi nyamuk,buat yang mau senang bongkar bongkar mesin motor yuk kita praktekin teori yang mungkin belum kesampean untuk di tuangkan....go go go go goo...
Pertama siapkan dananya dulu buat buat kelangsungan pekerjaan..
Berasapnya motor di sebabkan terdapat celah masuk oli di dalam ring piston yang menyebabkan oli masuk dalam pembakaran sehingga motor jadi berasap,atau hanya di karenakan knalpot sudah kotor,sebelumnya ketahui dulu dari jenis asap yang mengepul
1. Jika yang keluar dari kenalpot asapnya berwarna hitam,itu bisa di sebabkan karena kotornya kenalpot
2. Jika yang keluar asap berwarna putih itu bisa jadi di sebabkan karena ada pembakan oli dalam ruang bakar,seperti yang telah di jelaskan di atas.
Untuk megatasi hal seperti yang telah di sebutkan 2 poin yaitu:
1.lepas kenalpot dan bersihkan,buang kerak kerak hitam atau kotoran yang ada di dalam kenalpot,bisa dengan bensin.
2. Kalau yang kedua ini harus bongkar blok piston,siapkan dana untuk membeli segala keperluan  seperti piston 1set ,oli,packing head atau packing blok bilapackingnya sudah rapuh dan biaya untuk bubut linernya.,kalau motornya masih bawaan pabrit,cukup dengan ukuran piston 0,25.
     Untuk bongkar bloknya pertama bongkar body depan dan samping kalau perlu bongkar semua body yang di anggap mengganggu,
     Yang kedua buka baut penutup klep yang ada di paling depan.lepas baut penjepit antara klep dan blok.lepas juga gear teming depan.
     Yang ke tiga buka baut penjepit blok ,kalau dimotor yang saya praktikin ada 4 baut ,saya praktek di new honda blade 2012.
     Yang ke empat lepas blok dari bok mesin dan dari piston,trus buka ring penjepit piston dari stang piston. Setelah semua di lepas baru bubut mesin di tempat bubut ,bilang sekalian pistonya beli di situ,biasanya kurang lebih 1 jam dah selasai. Untuk bubutny..........

Setelah semua di persiapkan dan bubutan dah bisa di ambil kemudian pasang kembali .

Catatan  :   Yang harus di perhatikan ialah nok yang ada di blok dan head biasanya 2 biji di blok ke gearbok dan 2 biji di blok ke klep,ini berpengaruh pada keluarnya oli mesin untuk pelumas klep.
      Jangan lupa juga top head sama top klep harus di samakan. Untuk cara seting top lihat di sini .
         Sekian semoga membantu

Post a Comment