BPJS dan JAMSOSTEK

Astopedia.com - Bpjs ketenagaakerjan,setiap orang yang pernah bekerja di suatu perusahaan biasanya memiliki kartu peserta BPJS ketenagakerjaan ,BPJS yang kita kenal sekarang ini sebelumnya JAMSOSTEK atau jaminan sosial tenaga kerja ,karena perubahan jadi berganti nama BPJS.

Kantor bpjs tersebar hampir di seluruh indonesia ,di setiap kota banyak berdiri kantor kantor cabang baru di karenakan demi kepuasan pelayanan nasabah.

Bpjs ketenagakerjaan  bisa di bilang JHT atau jaminan hari tua ,yaitu tujuanya bagi para pekerja yang sudah tidak bisa lagi bekerja atau sudah pensiun dari pekerjaan di karenakan banyak faktor seperti usia tua atau cacat permanen,bpjs ini dapat di klaim atau di cairkan untuk mencukupi kebutuhan hidup sesudah pensiun dari kerja.

Untuk mengklaim bpjs ketenagakerjaan  atau akan mencairkan dana yang ada di bpjs ketenagakerjaan harus memenuhi sarat seperti minimal 5 tahun dari masa kerja ,tapi peraturan ini bisa berubah sewaktu waktu tergantung dari pihak perusahhaan bpjs

Sarat sarat atau berkas yang harus di lengkapi
1.KTP atau kartu identitas,atau kartu SIM surat izin mengemudi,atau pasport yang ketiga-tiganya masih akif ,pilih salah satu.
2.KK atau kartu keluarga
3.kartu peserta atau kartu keanggotaan JAMSOSTEK/BPJS
4.Surat tanda tidak bekerja atau surat pengalaman kerja.
5.buku tabungan pribadi

Keterangan :    lengkapi kartu identitas seperti KTP/SIM/PASSPORT ,siapksn berkas asli dan minimal 2 lembar  berkas foto copy.siapkan KK atau kartu keluarga yang asli dan 1 lembar foto copy.Kartu peserta jsmsostek/bpjs yang masih aktif atau belum pernah di cairkan dan 1 lembar foto Copy.Surat pengalaman kerja yang di butuhkkan adalah surat pengalaman kerja yang dimana perusahaan yang bertanggung jawab atas sebagian pengisian saldo.jadi di perusahaan mana saldo JAMSOSTEK/BPJS  di isi ,di situlah surat keterangan pengalaman kerja yang di gunakan,dan 1 lbr foto copy,jika perusahan yang bersangkutan telah berganti nama atau pailit dapat meminta terlebih dahulu SURAT PENGGANTI PENGALAMAN KERJA di kantor JAMSOSTEK/BPJS dan kemudian  bawa ke DISNAKER untuk meminta stempel .buku tabungan yang di gunakan adalah hampir semua bank yang berada di indonesia BCA/BRI/BNI/MANDIRI .wajib dengan atas nama peserta yang akan mengklaim.dan siapkkan 1 matrai 6000 .

Untuk mendapat formulir pengajuan klaim  bisa langsung datang ke kantor JAMSOSTEK/BPJS atau via ONLINE untuk formulirnya. Setelah semua berkas di lengkapi ASLI dan COPY nanti akan di beri nomor antrian ,di harap menunggu dengan sabar hingga proses selesai.karena waktu proses yang tidak menentu dan dapat berubah swwaktu .

Dari pengalaman pribadi saya sendiri dari proses pendaftaran hingga pencairan masuk saldo ke buku tabungan  sekitar 10 hari.

Ini saya tulis dan saya share berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri.

By : saefu kawzuki


Post a Comment