Mahu Berhenti merokok

Pada awalnya saya sendiri adalah seorang penikmat rokok aktif,saya memulai merokok  dari lulus sekolah  madrasah tsanawiah,itu baru belajar mengenal asap teman minum kopi.

Saya merokok  waktu masih belum bekerja atau belum bisa cari uang sendiri,hanya bekerja bantu-bantu orang tua di rumah dan bekerja di kebun sendiri.

Terkadang saya minta pada orang tua untuk di membelikan saya rokok,walaupun 2 batang rokok itu sudah cukup senang pada waktu itu ,karena saya sering bantu orang tua di rumah, saya jadi minta untuk di belikan rokok.

Setelah saya bisa bekerja dan mendapatkan uang dari hasil jerih payah sendiri,saya mulai bisa membeli rokok sendiri dari hasil saya bekerja saya belikan rokok.

Sejak itu saya merasa tiap hari itu tiada hari tanpa merokok,mungkin sudah menjadi perokok aktif.sehari satu bungkus rokok itu rasa rasanya kurang cukup,apa lagi kalau sempat kehabisan rokok itu  gak punya uang,.....hadeeewww kayak kehilangan  10 gram EMAS ,bingung dan pusing dan gak karuan,apa lagi kalau sudah makan  mauya merokok terus,minum kopi temanya juga rokok.nongkrong sama kawan kawan pun merokok,bekerja pun sambil merokok.

Saya seorang perokok tapi,MAAF.." saya benci kalau lihat orang pegang pegang atau pungut putung rokok dan kalau tidur atau makan dekat sama asbak rokok...itu dari awal saya merokok sudah gak pernahh suka.di lanjuutt.......

seolah-olah merokok adalah sebuah candu yang bisa membuat orang ketagihan,tapi terkadang kalau sedang berpuasa itu bisa seharian kuat gak merokok,jadi candunya itu karena kebutuhan dan kesempatam kali ya......

Setelah sekian lama hari hari di lalui jadi seorang penikmat rokok ,pernah berfikir untuk berhenti merokok akan tetapi hanya 2 jam saja..
Alasan berhenti merokok yang pertama adalah hemat,satu bungkus rokok pada waktu itu sekitar 8 hingga 10 ribu,yang kedua adalah karena kesehatan,soalnya kalau merokok sering batuk kering dan maaf air dahak pun jadi warna kecoklatan .terlebih kalau malam banyak merokok pagi paginya tenggorokan terasa kering,dan dada pun seolah olah terasa sesak hingga susah bernafas....untung saja masih ingat bernafas,coba sempat lupa bernafas....??

Di mulai dari acara sebuah diklat senkom mitra polri yang saya ikuti sebagai peserta partisipasi di mapolda dan di hadiri sekitar 700  orang .pidato ketua umum senkom mitra polri menyampaikan kepada mapolda seperti ini
"dari sekitar 700 senkom yang gagah dan sehat ini insyaalloh tidak ada yang merokok"
Dari situ saya mulai merasa malu,saya sebagai angotanya  masih melanggar apa yang di larang,sangat merasa bersalahh.

Sejak itu saya mulai perlahan meninggalkan morokok dan ahirnya sampai sekarang.

1.jangan sekali-kali mencoba merokok lagi biarpun satu batang bahkan satu hisap saja, kalau mau berhenti merokok.

2.ada motifasi dari lingkungan atau dari orang terdekat tentang bahaya merokok.

3.buatlah kegiatan ringan sepadat mugkin untuk menghindari merokok.

4.kurangi berkumpul dengan  kawan saat merokok,agar tidak tergiur untuk mencoba lagi.

5.sediakan makan-makan ringan,cemilan atau permen.

6.selalu anggap rokok itu adalah sebuah racun yang dapat mematikan perlahan.

7.buatlah rokok itu seperti hal atau barang yang tidak di sukai ,dengan kata kasar paling di benci.

Mungkin itu saja yang bisa saya share....semoga yang mau berhenti merokok ,,BERHASIL...

Post a Comment